Blog Archives

Rangkuman Materi David Nurbianto Di Suci 4

vlcsnap-2014-06-25-09h11m07s143

Komika Betawin nih, suka ajah saya sama materi yang dibawakan, gak asing ditelinga orang betawi.

1. tukang urut betawi itu humoris, kite lagi diurut jerit jerit kesakitan malah bilang “nape sih girang amat.

2. orang betawi jangan suruh olahraga tapi olah emosi, setiap hari emang kerjaannya marah mara mulu, kalo Cuma cari keringat mah gak usah olahraga, ditagih duit arisan juga keringetan.

3. kite betawi bukan malas lari tapi jaga perasaan, takutnye lari keliling kampung ngeliat tanah kosong dan bilang “masya Allah dulunya tanah kita ini, lari lagi liat cewe “masya Allah dulunya bini kita ini, cerai karna warisan abis dijualin.

4. olahraga orang betawi itu ngaduk dodol, ngaduk dodol itu berat dan gak boleh putus selama 8 jam.

5. showbiz betawi dikuasai ondel ondel,o ndel ondel jadi ambassador jakarta sejak 1966, terus lenong dan kerak telor.

6. pemilihan abang none Cuma seremonial, begituh kepilih gak keliatan kontribusinya apa buat jakarta, abang none Cuma buat pajangan, percis kaya pagar ayu di kondangan makanya dipilih yang cakep doang.

7. betawi ini dikenal suka basa basi, kalogak percaya lu lewat depan rumah orang betawi, pasti disuruh mampir padahal lu gak kenal “woy bang mampir pas udah duduk “mau ngapain bang terus nanya “udah makan bang, noh di dalem sendok, bener Cuma sendok doank.

8. orang betawi terkenal dengan orang yang penuh perasaan, coba deh nagih utang kerumah orang betawi pasti bilang, aye mau nagih utang nih, utang yang mana? “perasaan udah aye bayar”

9. orang betawi itu kolot dan suka nyablak, ngadu bacot dengan orang betawi pasti kalah.

10. orang betawi mah gak cocok pake nama david, ujung ujungnya dipanggil dapid.

11. GBK ini gusur gusuran terbesar dijakarta, 270 hektar tanah buat bangun GBK, orang betawi kaget dapet duit dan nyimpen duitnya di bambu, dulu maling itu nyari bambu, makanya kalo pak haji pusing dan dia bilang bambu aye hilang, itu dalamnya duit.

12. di betawi ada namanya penyakit kaget, gejalanya demam tinggi, ngomong ngigo dan kalo ngomong ngaco, nyembuhinnya disembur pake air

13. orang betawi disebut juga cikaan karna gampang sakit, ada namanya penyakit bengek, kalo dalam kedokteran namanya asma, cara ngobatinnya kalo anak kecil suruh mandi bareng bapaknya.

14. penyakit betawi juga dampak, dalam kedokteran disebut herphes, gejalanya panas tinggi melenting merah dikulit, cara nyembuhinnya disiram pake air comberan.

15. nyai gw itu nyablak,sekali nyablak sekate kate, kite lagi di kamar dia bilang “woy bocah siapa nih yang naro veronika diatas meja, pas kita lihat ternyata pianika.

16. bisnis betawi jangka panjang, bangun kontrakan, makanya lu liat kontrakan betawi panjang kesamping kan.

17. tanjidor itu musik asli betawi sejak 1918, gak Cuma musiknya yang tua tapi pemainnya juga.

18. beberapa nama makanan betawi itu kagak konsisten, kue satu, padahal dia setoples dan temennya gak dianggap.

19. kembang goyang juga,ini kue munafik, buktinya gua setel lagu dangdut diem ajah.

20. orang betawi juga terkenal kasih nama sekate kate, gw pernah diajak ke kuburan engkong gw, namanya panjang bin risan dan buyut gw H. Ijo.

vlcsnap-2014-06-25-09h29m22s103

vlcsnap-2014-06-25-09h28m38s168