Alasan Kenapa Beli SU-35 IMHO

5130-su35-902zip-9-img-288-23015-41

Sedikit menambahkan alasan pembelian SU-35 dari analisis anggaran. Di sini digunakan data darihttp://data.worldbank.org/

Budget militer kita secara nomimal angkanya relatif kecil. Namun yang menarik adalah pertumbuhannya yang sangat tinggi. Tahun 2005: 0,8% dari GDP 285 Milyar dollar atau sama dengan 2,28 Milyar dollar. Tahun 2013: 0,9% dari GDP 868 Milyar dollar atau sama dengan 7,8 Milyar dollar. Kenaikan anggaran yang begitu pesat dipicu oleh kenaikan GDP. Jika dihitung dengan model geometri, pertumbuhan GDP (secara nominal dalam dollar, bukan riil/pertumbuhan ekonomi) Indonesia naik 15% per tahun. Angka ini sangat besar, jika dibandingkan dengan negara eropa, misalnya, yang hanya tumbuh antara 2-5% pertahun.

Karena jenis ketersediaan anggaran kita bertipe: nilai nominal kecil, tapi growth-nya tinggi maka, berdasarkan pertimbangan keuangan, alutista yang lebih sesuai dipilih adalah yang harga beli (fixed cost) murah tetapi biaya operasional (variable cost) tinggi (dengan menganggap jumlah jam terbang sebagai faktor variabel biaya). Jika kita memilih alutista yang harga belinya mahal, namun operasionalnya murah maka konsekuensinya: proses ngeteng semakin buruk. Jika beli Sukhoi 1 skuadron perlu ngeteng 4 tahun (misalnya), maka untuk jenis lain (grippen, F16 Blok 60, typhon) bisa perlu waktu ngeteng lebih lama lagi, bisa antara 6-7 tahun.

Su-35 yang memiliki karakteristik fixed cost kecil, variable cost besar lebih sesuai dengan karakteristik anggaran Indonesia. Mungkin ini yang menjadi salah satu pertimbangan Kemhan dalam memilih Su-35.

Posted on March 15, 2015, in MasakanNyokap and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: