Motogp Workshop : Brembo Brakes

vlcsnap-2014-06-29-10h40m58s71

Kita bicara soal motor yang mempunyai power 240hp dan top speed 350kpj dengan berat hanya 160kg,dipadu dengan ban slick yang hi tech dan skill pembalap sekelas alien tentu perlu perangkat untuk menjinakkan tenaga sebesar itu ketika deselerasi memasuki tikungan,harus pakem karna pembalap tidak punya banyak waktu,itu sebabnya perangkat rem yang digunakan di motogp harus pakem bener dan membuat pembalap nyaman,nyaman karna dengan pedenya ngerem keras dari 300kpj keatas menuju ke 100kpj hanya dalam hitungan detik

Nih bahan saya tulis dari video motogp workshop,motogp workshop menjelaskan sisi teknik motogp dan terkadang dengan adanya ini kita bisa tau seberapa canggihnya motogp,berikut 10 poin yang bisa saya tangkap kesimpulannya :

1.harga disc carbon : untuk ukuran disc 340mm itu seharga 4600usd,2 disc berikut kaliper dan brake lever itu seharga 12.000usd,ini saya dengar dari komentator acara BT sport ketika di mugello

2.disc carbon : hanya di kelas motogp ajang balap yang menggunakan disc carbon sejak dulu,moto3,moto2 atau wsbk hanya menggunakan disc konvensional/steel disc,alasan memakai carbon karna carbon mampu meredam panasnya disc secara cepat dan sangat kuat menahan suhu yang mencapai 800celcius,sekalipun disc tersebut memang tidak dulubangi seperti konvensional

3.disc konvensional : hanya digunakan ketika hujan atau wet race,disc ini lebih agresif dibanding carbon,kenapa ketika hujan tidak pake carbon,karna carbon butuh suhu untuk membuat dia pake,sedangkan ketika hujan disc itu sendiri basah dan tidak membuat suhu stabil

4.brembo dan nissin : brembo dari dulu pemasok mayoritas,sedangkan nissin hanya minoritas,biasanya nissin digunakan oleh team satelit honda dan CRT honda,bagusan mana? Menurut saya ya brembo,karna yang juara2 dari dulu itu menggunakan brembo

5.rear disc :hanya digunakan untuk mengatur speed corner,presentasinya mungkin hanya dipakai 10% dibanding front disc,penyebab kedua karna motor maju kedepan dan tekanan ada di depan,itu sebabnya rem depan jadi andalan,bisa ngepot kalo pake rem belakang

6.front disc : jangankan di motogp,di superbike massal sajah 80% rider menggunakan rem depan dibanding rem belakang,beda dengan motor CC kecil yang sering menggunakan rem belakang

7.320mm atau 340mm : disc 320mm hanya digunakan di sirkuit yang mengalir dan tidak butuh pengereman keras seperti qatar,philip island,valencia,mugello dll.sedangkan disc berukuran 340mm boleh digunakan di sirkuit yang banyak tikungan tusuk konde atau yang memerlukan pengereman keras seperti catalunya,motegi,sepang,austin dll.tapi regulasi tersebut dihapus di tahun ini yang mana setiap pembalap boleh memakai disc 340mm dimanapun

8.8kg tekanan pada tuas rem : liat deh lengan pembalap motogp,besar besar baik otot lengan bawah atau yang atas itu karna ketika mengerem jari menekan tuas rem seberat 8kg,yang gilanya pembalap macam spies atau stoner itu hanya butuh 2 jari untuk menekan tuas 8kg tersebut

9.rem blong : ini menimpah pembalap aleix espargaro dengan motor aprilian CRT di sirkuit motegi di tikungan 11,perangkat rem kurang disegarkan dan bobot aleix itu sendiri yang bongsor dan berat mungkin menjadi penyebab doski mengalami blong

10.3000km : disc carbon memang mahal akan tetapi efisiensinya juga dapet,disc carbon bisa bertahan selama 3000km,cukuplah buat 3-4 seri balapan yang mana steel disc itu tidak mungkin bertahan selama itu

vlcsnap-2014-06-29-10h34m21s198 vlcsnap-2014-06-29-10h35m42s238 vlcsnap-2014-06-29-10h39m10s18 vlcsnap-2014-06-29-10h39m51s166 vlcsnap-2014-06-29-10h41m08s174 vlcsnap-2014-06-29-10h49m09s124 vlcsnap-2014-06-29-10h33m47s109 vlcsnap-2014-06-29-10h34m09s77

Posted on July 9, 2014, in MasakanNyokap and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: