Motogp : Bedanya Team Pabrikan Dan Team Satelite

vlcsnap-2014-06-29-19h57m20s57

Lagi enak enak main game motogp eh teman saya datang dan bertanya,kebetulan saya memakai stefan bradl team LCR honda dan doski langsung bertanya kok gak repsol? Saya jawab repsol honda itu team pabrikan dan yang saya pake ini team satelite,bingung lagi dia,apa itu team satelite? Memang merek motornya sama yaitu honda dan yamaha akan tetapi banyak faktor yang membedakan dan mungkin tipis sekali,ini dia penjabaran setau saya :

vlcsnap-2014-06-29-10h52m57s94

1.SSG : masih ingat duo tech 3 terpelanting di sesi latihan qatar 2014,itu karna keduanya terlena karna diberikan SSG oleh yamaha,memang SSG tapi beda,motor duo tech3 belom sepenuhnya advance dengan SSGnya,motor masih goyang dombret sikit ditikungan atau exit corner,beda dengan duo movistar yamaha yang anteng sekali motornya,terlena dan akhirnya ngotot abis dan terpelanting deh.

2.jumlah kru : team satelite memiliki kru lebih sedikit dibanding pabrikan,masih ingat komentar iannone mengenai pengennya doski ke team pabrikan dan penambahan kru,lebih banyak kru otomatis pekerjaan team lebih mudah dan lebih meminimalisir kesahalan.

3.SDM  : orang orang di team pabrikan bukan orang orang biasa,mereka adalah utusan pabrikan pusat langsung,bahkan orang daleman pabrikan turun langsung,pokoknya dari segi mekanik kru dll lebih unggul dibanding team satelite,itu sebabnya settingan mereka jago dan mampu menyulap keluhan pembalap dalam sekejap.

4.satelite KW1 dan KW2 : ya tergantung duitnya kayaknya sih,yang saya dengar sewaktu depuniet di LCR honda tahun 2011 itu menggunakan KW2,sedangkan team satelite macam gresini atau tech3 yang memang difokuskan pabrikan untuk merecokin dominasi musuh diberikan motor KW1 yang secara kinerja motor tipis dengan pabrikan.

5.satelite factory support : adalah simoncelli tahun 2011 dan iannone tahun ini,mereka memang dijanjikan diberikan motor yang setara pabrikan sekalipun status mereka satelite,tapi? Mungkin hanya dari segi mesin atau sasis yang sama plek dengan pabrikan,lah komponen macam suspensi,rem,ecu dll mah dikerjain sendiri,belom kalo ada masalah belum tentu pabrikan langsung turun.

6.penyegaran komponen : team pabrikan selalu uptodate mengenai teknologi dan settingan terbaru,ada part baru langsung test,beda dengan satelite yang selalu dikasih tahun berikutnya bahkan bekas.

7.motor tahun lalu : team satelite selalu diberikan motor bekas tahun lalu,liat sajah fairing duo tech3 tahun 2011 dan 2013 itu yang dipakai pabrikan sebelumnya,fairing beda apalagi performanya.

8.loyalitas : team pabrikan selalu banyak duit,itu sebabnya part yang diusung selalu segar setiap race,baik perangkat rem,suspensi,ecu dll.sedangkan satelite memakai part seadanya karna demi pengiritan duit,masih inget kasus cruthlow dengan perangkat rem tahun 2013,doski nombok pake duit sendiri.

9.pembalap : pembalap di satelite terkadang memang sebagai uji coba team pabrikan,kalo dia bagus di satelite karna baru naik kelas maka akan diberikan kontrak motor pabrikan.

10.top speed : karakter RCV memang unggul di top speed karna menganut konfigurasi V4 engine dan M1 mempunyai sedikit kelamahan disituh,tapi beda kali M1 pabrikan melawan RCV satelite di trek lurus,M1 bisa unggul itu karna faktor pabrikan sendiri.

11.motor anteng : liat deh motor motor pabrikan selalu lebih anteng,baik ketika enter corner atau exit corner,beda dengan team satelite yang selalu goyang dombret atau godek2,ya itu semua karna faktor paket motor sendiri itu sendiri sudah beda.

12.sasis : team satelite harus pasrah memakai sasis pabrikan,artinya kalo team pabrikan itu setiap tahun selalu upgrade sasis sesuai kemauan pembalapnya,beda pembalap team satelite yang harus menyesuaikan diri dengan sasis yang diberikan pabrikan.

Last,memang tipis kalo dilihat diluar,tapi coba tengok kedalam maka akan terjadi perbedaan yang besar,pokoknya ada di team pabrikan menjadi impian semua pembalap dan rasanya ituloh uenak tenan.

Posted on July 9, 2014, in MasakanNyokap and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. siip bgt,bwt mnambah wawasan.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: