Sejarah Liberalisme Dan Ham Oleh KH SYUKRON MA’MUN

vlcsnap-2014-02-23-09h04m52s237

sejarah mencatat bahwa di abad pertengahan itu,sekitar 476 masehi setelah jatuhnya romawi barat,maka institusi yang paling dominan waktu itu adalah gereja.

ini ditulis dalam sejarah dunia dan orang eropa pun memahami,kekuasaan gereja waktu itu luar biasa wewenangnya,apalagi setelah tahun 500 setelah berdiri kepausan yang disponsori oleh gregorius yang menyatakan bahwa paus paulus itu wakil tuhan di muka bumi ini,karna dia merasa wakil tuhan di muka bumi,maka dia ma’sum,dapat berbuat apapun saja,sehingga kekuatan gereja pada waktu itu luar biasa,menguasai dibidang politik,bisa mengangkat dan memberhentikan raja,bisa mengucilkan raja,dan siapapun yang bertentangan dengan gereja pada waktu itu,itu dianggap kafir dan harus dihukum mati,baik dalam agama maupun dalam ilmu pengetahuan.

waktu itu keyakinan gereja bahwa semua bintang ini berputar di langit mengelilingi mahkota paus paulus di roma,kemudian seorang ahli ilmu pengetahuan astronomi yang bernama bruno dia menyatakan bahwa planet ini berputar mengelilingi matahari,karna ini dianggap bertentangan dengan keyakinan gereja,maka bruno itu dihukum mati dan dibakar hidup hidup,
gereja mempunyai institusi yang bernama inquisisi,inquisisi itu merupakan sebuah penjara yang begitu kejam,orang mesti kalo masuk penjara inquisisi mesti dihukum dibakar hidup hidup kalo tidak digergaji,dari kepala sampai perut digergaji,itu kekejamannya.

sehingga bangsa eropa waktu itu trauma,kalo sudah mndengar kata kata gereja bulu kuduknya berdiri,pada abad pertengahan dan mereka sendiri yang menyatakan abad itu the dark age,abad kegelapan,abad kematian bangsa eropa,tidak bisa berbuat apa apa karna kekejaman raja raja yang bekerjasama dengan  tokoh tokoh gereja itu.

sampai dari hebatnya kekuasaan gereja waktu itu,gereja bisa menjual surat pengampunan,siapapun yang berdosa lalu membeli surat pengampunan maka dosanya diampuni dan dijami masuk surga.

dari penyelewengan penyelewangan dan kekejaman gereja ini maka lahirlah beberapa pemberontakan dari dalam termasuk marthin luther mereka memberontak lalu melarikan diri ke jerman dilindungi oleh penguasa jerman yang akhirnya mendirikan agama baru yang namanya protestan.

nah ini supaya diketahui,bahwa timbullah revolusi2 untuk membebaskan rakyat dari kekejaman raja raja yang bekerja sama dengan toko toko gereja pada waktu itu,sejarah ini ditulis dan diakui oleh dunia,karna termasuk sejarah dunia,akhirnya timbullah satu revolusi besar yang dikenal dengan revolusi perancis pada tahun 1789,revolusi itulah yang melahirkan liberalisme.

nah kemudian liberalisme ini yang asalnya hanya dibidang politik akhirnya oleh mereka dibawa ke bidang budaya lalu dibawa lagi ke bidang agama,bahwa kebebasan adalah hak asasi manusia.

kemudian apa kaitannya dengan islam? kalo kita mengingat sejarahnya bahwa itu akibat trauma terhadapa ajaran agamanya yang begitu kejam,maka lahirlah kebebasan adalah hak asasi manusia untuk membebaskan dirinya dari kekejaman raja raja dan kekejaman gereja pada waktu itu,jadi bukan sekarang,pada waktu itu.

nah akibat dari trauma ini mereka membikin revolusi lahirlah liberalisme kebebasan yang akhirnya kebablasan,yang asalnya cuma kebebasan dalam gereja dan dari raja lalu merembet kemana mana termasuk kebebasan dalam beragama kebebasan dalam bidang budaya,hancurlah manusia ini.

Posted on February 23, 2014, in MasakanNyokap and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: