Warga Betawi Harus Berubah

ehhhh bujuggg😀

Yang punya jakarta ya betawi,orang betawi pasti orang Jakarta,gak lain,orang betawi terkenal sebagai penduduk asli Jakarta dengan banyak tanah dan kontrakan (pengalaman)
Cuma orang betawi yang tidak pulang kampung/mudik ketika lebaran,wong kampungnya disitu disitu ajah,ya karna memang asli warga yang beranak pinak di Jakarta,yang pulang kampung/mudik ketika lebaran berarti bukan orang Jakarta,tapi pendatang

Tapi yang terjadi sekarang apa? Jakarta yang dulu punya betawi sekarang sepertinya tidak,bahkan pemimpin gubernur Jakarta sendiri bukan orang asli Jakarta!!! Warga betawi semakin lama semakin kepinggir,dimana lagi kalo bukan di bekasi,pasti ada sebabnya,nah saya akan bahas beberapa poin menyangkut kok warga betawi semakin surem ajah populasinya dan taringnya kurang keliatan lagi,berikut kekurangan dan kelebihan orang betawi dari pengalaman saya dan yang saya rasakan,berikut :

-orang betawi biasanya kagak sekolah tinggi tinggi,dan bahasa yang sering digunakan ya,babahlu ajah lulus SD hidup udah gak usah tinggi2 sekolah mah

-seharusnya diganti : Babahlu dulu Cuma lulus SD,luh biar sarjana,babahlu Cuma jadi RT,lu jadi camat tong

-Orang betawi demokratis,kenapa? Karna struktur orang betawi gak pernah ada raja,gak ada mental penjilat,gengsinya gede,coba kita lihat orang sunda punya siliwangi,orang Palembang punya punya raja srijaya,orang Kalimantan punya raja mulawarman,orang Sulawesi punya raja bone,orang jawa rajanya banyak,termasuk mataram,betawi gak pernah punya raja,kecuali raja lenong:mrgreen:

-Orang mana mana kalo mau jadi artis,kulit kuning langsat,hidung mancung,bibir pecah manggis,betawi mah kagak,tuh mpok nori laku,mandra,mastur,malih,bolot😀

-Orang betawi Ibarat buku gampang dibaca,gak ada yang diumpetin,demokratis,demen mah demen ajah,suka mah suka

-Liat ajah golok/bendo yang tajam yang mana,kan ketahuan,kan senjata lambang budaya betawi

-Orang betawi itu akomodatif,bisa nerima siapa ajah bisa kerja ama siapa ajah,bisa kawin sama orang suku mana ajah,yang penting datang dengan damai,jangan cari gara gara,tapi kalo lu jual gua beli,gituh betawi mah

-yang jelek kudu diobatin,apa yang jelek dari kita betawi,pertama ambek,ambeknya orang betawi gede banget,susah buat maju kalo ambek doank gede,kaya mesin giling mogok,didorong sekampung juga gak jalan

-Kurang kreatif,merasa aman di kampung sendiri,puas dengan apa yang ada.orang udah kemana mana kita masih ajah disitu,solanya pikirannya begini,orang mana mana mah pulang kampung lah gw pulang kemana???,hidup ini persaingan,persaingan bikin orang mikir,mikir jadi maju,puas dengan apa yang ada merasa aman dikampung sendiri,gak punya duit ajah,dapur dikontrakin,kontrakan dijual lama lama orang betawi jadi penonton di rumah sendiri,tamu dirumah sendiri

-Toleransi sesama orang betawi tipis,kaya pohon pinang,tinggi kagak,segituh doank,dinaikin susah dibuat ngadem,dimakan getir,harus ada generasi ,betawi harus punya address,hiburan betawi keknya jalan masing masing,

-Bikin lapisan berikutnya,jangan cuma artis betawi dan lenong itu itu ajah dari dulu,mpok nori,bolot,malih yang sering nongol di media hiburan,sisanya atau regenerasinya mana? yang muda maksudnya

-orang betawi Ketularan ilmu kepiting,coba taro beberapa kepiting di dalam ember,satu ajah mau manjat dan keluar pasti temennya narik kedalam lagi,maunya tinggi sendiri dan gak mau yang lain ikut tinggi

itu yang dapat saya tangkap,warga betawi harus berubah!!!

Posted on January 27, 2014, in MasakanNyokap and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: