Cara Cepat Menghafal!!!

setelah searching sana sini di google,ternyata metode menghafal cepat hampir sama semua,ini saya baru tau lohh

setau saya dan dari apa yang saya dengar dari guru saya di pesantren kalo pengen hafalan cepat dan mudah,semua ilmu khususnya ilmu agama itu dengan cara meninggalkan maksiat,ini bermula ketika imam syafi’i mengadu kepada gurunya (imam waqi’) kalo beliau susah dalam menghafal,dan cerita ini disyairkan :

شكوت الي وقيع سوء حفظي

فارشدني الي ترك المعاصي

فاخبرني بان العلم نور

ونور الله لا يهدي للعاصي

·         saya (imam syafi’i) mengadu kepada imam waqi’ (gurunya) bahwa hafalan  saya sulit/jelek

·         maka beliau menunjukkan jalan kepada saya agar meninggalkan maksiat

·         dan beliaupun juga memberitahu kepda saya bahwasanya ilmu itu cahaya

·          dan cahaya Allah (ilmu Allah) tidak diberikan kepada orang yang bermaksiat

dari syi’ir diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa :

1.kalo kita ingin cepat dalam menghafal harus meninggalkan maksiat,apabila terlalu sering maksiat,maka segerelah taubat dan jangan mengulangi lagi dengan rasa penyesalan yang amat dalam ?(kapok dalam mengulangi)

2.orang yang sudah mempunyai banyak hafalan,baik ilmu2 atau alqur’an itu harus dijaga hafalannya dengan menjauhkan maksiat,kalo dia tetap melaksanakan maksiat maka jangan salahkan siapa2 kecuali dirinya

3.ini yang mengadu sekelas imam syafi’i lohhh,imam agung,imam besar,al allamah yang mana kita tau keilmuan beliau dari karangan2n sangat banyak sekali,berupa kitab dan termasuk mazhab yang paling banyak penganutnya di indonesia,lalu apalah kita dibanding beliau??? siapa kita? apakah kita sekelas imam syafi’i?

pernahkan orang bilang,dulu hafalan saya sangat cepat,tapi kok sekarang lambat dan susah,malah cepat lupa,itu mungkin karna maksiat,karna dosa yang terus didapatinya setiap hari

tentu hati yang bersih dan akal yang cerdas adalah kunci kunci kemudahan dalam mendapatkan ilmu dan mudah memahami pelajaran,maka beruntunglah orang yang hatinya bersih dan

Posted on December 22, 2013, in MasakanNyokap. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

