(IN MEMORIAN) mamang ciput

kenapa saya suka tentang motor? bukan karna saya terlahir dari seorang ayah atau keluarga pembalap,sama sekali tidak

singkat cerita,mamang ciput ini tetangga saya dia buka bengkel sendiri di depan rumahnya,percis kelihatan dari rumah saya,gak hanya sekedar bengkel kalo saya sebut,bengkel ya hanya melayani service atau modifikasi dan lainnya,terkesan resmi,nah nilai plus dari bengkel mamang karna bengkelnya selalu rame dengan anak muda dan jadi tempat nongkrong gak heran selalu rame,termasuk anak yang suka ngetrek,karna si mamang ini gak hanya pandai service motor,tapi juga ngorek dan ngilik motor biasa menjadi luar biasa,motor standar menjadi ready to race ya sekalipun hanya kebut lurus (drag)

waktu itu umur saya sekitar 8-9 tahunan lah sekitar tahun 2002,masih sekolah SD,iseng saya ke bengkel termasuk rumah beliau,gak malu saya diliat anak anak motor waktu itu,gak takut di omelin pokoknya saya liat bagaimana beliau meracik motor,mulai dari membuka baut motor yang sangat keras,membubut piston dan jeroan mesin lainnya,menyusun part mesin dan membersihkannya,awal saya tertarik itu karna suara blayer yang sangat berisik,dalem hati : ini motor siapa ya berisik amat,liat ah,dan memang zaman itu lagi musim motor 2 tak,seperti RX king,f1zr,satria120,satria hiu belom banyak motor 4 tak,paling jupiter dan supra edisi pertama

saking gak malu dan pedenya,saya jongkok tepat dibelakang beliau membongkar mesin,dan perkataan mamang yang saya masih ingat : begini nih nas cara buka baut motor,mau coba gak? saya jawab : gak ah,lah wong palunya besar,gak kuat saya

begitupun cara bersihin jeroan mesin,waktu itu saya masih ingat beliau masih pakai kompressor listrik kecil warna biru,dan dengan minyak tanah di botol oli,waktu itu minyak tanah masih murah

beliau benar benar sibuk,hampir setiap hari beliau selalu sibuk dengan bongkahan dan jeroan mesin,pagi sampai sore kecuali malam,bahkan gak sebentar buat memenuhi order motor yang mau dikorek supaya kenceng buat harian atau ngetrek,sampai numpuk motor di bengkel

nah yang saya suka adalah bagian dimana sesi ngetes motor,berhubung bengkel beliau dipinggir jalan yang aspalnya lumayan halus,asyiknya lurus sekalipun di ujung ketemu tanjak dan agak berkelok,beliau sendiri yang ngetest motor racikannya,beliau sendiri yang merasakan kekurangnya,saya ingat waktu itu beliau abis ngetes dan bilang agak ngeberebet,dan beliau otak atik daerah karburator dan lanjut untuk ngetes lagi,,,sepertinya beliau faham betul dan ngerti

kesalutan saya dengan beliau gak sampai situ,ya saya tau beliau memang mekanik handal,jago pokoknya,,,lalu dimana??? motor yang beliau racik itu dilombakan,di adu kebut dengan yang lain,yang saya ingat dulu ada event balap di sentul,beliau daftar dengan pembalapnya mang sambu kalo saya panggil,pembalap ngetrek,dengan motor f1zr beliau siap buat tarung di sentul,saya lihat kesibukan hampir setiap hari,terutama sesi persiapan motor,ngetes terus tuh motor,saya lihat hampir seminggu persiapan,waktu yang di tunggupun tiba,yang saya ingat nomer starter motor adalah 162 kalo gak salah,sudah di tempel dan siap berangkat,motor diangkut dengan mobil carry box,saya gak tau jalannya perlombaan,yang saya dengar lomba gagal karna mesin jebol,,,dan untuk lomba lokal alias ngetrek se-daerah pondok gede dan bekasi sekitarnya beliau dan rekan rekan termasuk ditakuti,ya karna sering menang

waktupun berjalan,saya masuk sekolah pesantren,gak tau lagi jalannya mamang di bengkel dan lainnya,hingga saya dengar beliau meninggal dunia karna kecelakaan fatal di perlombaan,innalillahi wainna ilaihi roojiun,,,hampir gak percaya saya,

mekanik sehandal beliau,skill balapnya pun jangan di anggap remeh,terutama lomba trek lurus,starnya sangat baik karna saya sendiri saksi ketika beliau ngetest,latihan ataupun di trek,selamat jalan mamang,semoga Allah menerima amal baik mamang,mengampuni segala dosanya,

yang saya pikirkan seandainya beliau masih hidup,,,mungkin beliau termasuk idola saya,karna awalnya saya suka motor ya dari beliau,dan saya yakin beliau bakal menjadi mekanik motor,balap yang luar biasa,tapi apa boleh buat,takdir Allah berkata lain

oai,bengkel beliau namanya CMS : ciput motor sport,,,stickernya pun saya punya banyak,karna setiap ada yang baru kakak saya selalu minta,,,ditempel di lemari dan meja kaca besar,dan saya teringat beliau ketika melihat sticker tsb,lalu saya tulis artikel ini

last,sekalipun mamang telah tiada tapi saya akan selalu ingat beliau,gigihnya beliau,dan mejadi inspirasi saya… al marhum al maghfurlah mamang ciput

Posted on July 19, 2013, in MasakanNyokap and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Berikan Komentar Anda Tentang Artikel Ini

