Short Review ShmcoGL

IMG_20170607_175806

Well, review singkat ajah ya. Ini motor gak ada spesialnya, mereknya ajah aneh, ya Cuma hanya memindahkan seseorang dari satu tempat ke tempat lain. Gak ada pride dan prestigenya. Haha

Mesin: sampai sekarang saya juga gak tau ini mesin speknya gimana dan berapa horse power yang disemburkan. Basicnya ajah ya. Ini mesin katanya 150cc dengan 5 perpindahan gigi dan berpendingin udara. Yang mana gak ada sesuatu teknologi atau power yang bakal didapat, bisa dibilang ini mesin underpower dengan bobot motor yang lumayan. Masalah lainnya adalah endurance ini mesin kacau bangat, kalo udah panas nih berasa banget ngemposnya, jadi kalo riding jauh memang kudu berhenti sesaat.

Riding position: fix ini motor emang buat riding santay, posisi setang yang tinggi dan gak terlalu lebar emang buat riding harian atau touring yang dijamin gak bakal pegel.

IMG_20161129_094603-01

Konsumsi BBM: bisa dibilang ini mesin motor cukup irit, ya mungkin sesuai dengan power yang dihasilkan yang gak terlalu besar. Faktor lain yang buat gw yakin bisa irit karena bensin disini bagus.

5 gear: ini motor dengan 5 percepatan yang unik, sama seperti bebek. Jadi buat gear 1 sampai 5 itu shiftingnya kedepan terus. Untuk deselerasi shiftdwon kebelakang terus sampai netral. Rasio gearnya bisa dibilang sangat pendek, bahkan untuk gigi 5 seperti long stroke yang gak ngefek ke power motor.

Perawatan mesin: dari semenjak beli sampai sekarang untuk urusan perawatan mesin gak ada yang spesial. Cuma ganti oli doang. Gak ada ganti part apa apa, bisa dibilang irit.

IMG_20161211_062510_HDR-01

Quality control: ini motor ringkih, part luarnya gampang rusak. Gak tau karena buatan cina atau apalah tapi yang pasti untuk part luar sering banget ganti. Kabel kopling sering putus, kabel kelistrikan yang gampang hangus, part lain yang gampang pecah dan bocor.

Top speed: ini motor gak ada speedometer atau takometer jadi saya tes pake GPS speedometer yang berhasil menyentuh angka di 68km/j. Lemot bener. Buat main di RPM atas harus ngegantung gas dan gear, karena kalo udah jatuh lama naiknya.

Handling: motor komuter ya handlingnya biasa ajah. Mau diajak mereng mereng juga bannya gak mendukung. Tapi let say ini motor handlingnya enak dan buat riding santay juga enak.

Seat height: ini motor rendah. Posisi kaki saya sangat napak keduanya. Untuk postur tubuh 160cm masih bisa napak dengan kaki satu.

Kesimpulan: ini motor seadanya yang cocok buat daerah disini, reliable banget, dari segi harga ya murah, segi perawatan dan konsumsi BBM irit. Jadi kalo motor jepang masuk gak yakin bisa nyaingin motor cina yang memang udah reliable banget buat masyarakat disini.

Advertisements

IMUKAL TNI AL

IMG-20170715-WA0030

TNI punya divisi pembekalan tersendiri yang dinamakan Dinas Pembekalan. Tugasnya adalah memenuhi logistik TNI dimasa tugas dan operasi, mulai dari menyediakan ransum yang berupa MRE atau makanan lainnya.

Berbeda dengan makanan lainnya, komposisi yang diberikan memang sedikit berat dari makanan pasaran, berat karena buat memenuhi nutrisi dan vitamin prajurit. Sebut saja susu bubuk atau energennya prajurit yang saya akan bahas.

Imukal namanya, ini bisa dibilang susu bubuk atau energen. Saya dapat ini dari mamang saya, beliau tugas di Mabes TNI cilangkap. Barang macam Imukal gampang sekali didapat dan bahkan surplus, pernah bilang ke saya kalo mau nambah lagi nanti diambilin.

IMG-20170715-WA0031

Imukal ini kalo mamang saya bilang minuman buat para pelaut TNI AL yang bertugas di laut, baik kapal permukaan atau non permukaaan, manfaatnya sih supaya kuat dan terpenuhi nutrisi dan vitamin selama bertugas di laut.

Ngomongin rasa, jujur ya gak enak. Ini yang rasa coklat ya, bisa dibilang enek kalo diminum. Semacam energen coklat yang padat dan kental, sedikit amis gituh. Cara buat rasanya enak diminum ya ditambah gula. Terpaksa ngabisin karena memang penasaran sebagai orang sipil yang mencoba energennya prajurit. hehe

Last, ini review rasa dilidah orang sipil. Gak tau dilidah prajurit, mungkin berasa enak banget. Next time cobain ransum TNI lainnya.

IMG-20170715-WA0033

New Bike

Alhamdulillah, bisa kembali ke Yaman dan memang satu hal yang sedikit urgent ya cari kendaraan. Motor tuh disini kebutuhan jadi memang harus punya menurut saya.

Ini motor barang second, punya temen saya yang gak balik lagi. Agak sedikit saya paksa, akhirnya doski mau dengan harga yang saya bilang worthed. Yup hanya 50.000riyal Yaman atau sekitar Rp,2.500.000.

Dulu nih motor gak kayak gini, semua acak adul dan kondisinya parah. Bisa dibilang cuma mesin yang saya incar dari motor ini, sisanya dari exterior ya harus diganti baru.

Overall, nih motor udah enak dan looking properly setelah minor modif, sekalipun agak aneh.

IMG_20170607_175806IMG_20170607_175717_HDR

Kembali Lagi Ke Yaman

Tepat setahun yang lalu, saya balik kembali ke Yaman buat ngelanjutin kuliah. Libur setahun di indonesia setelah 3 tahun gak pulang itu sesuatu banget. Semua berubah sampe keluarga hampir gak kenalin saya karena perubahan fisik yang semakin besar, hehe.

Awalnya soh gak yakin bakal balik lagi ke tarim, Yaman. Karena banyak faktor yang salah satunya paling besar adalah godaan tinggal di Indonesia yang semua serba ada dan bisa dibilang enak. Tapi Allah menghendaki kembali saya dan teman-teman untuk belajar kembali di kota sejuta wali ini.

Lewat Oman adalah jalan satu-satunya buat masuk ke Yaman. Karena memang belum ada bandara international yang aktif, jadi semua WNI yang ingin pulang atau pergi ke Yaman harus melewati Oman. Perjalanan yang melelahkan karena lewat darat dan jauh.
Bismillah, itulah kalimat awal saya memasuki kota Tarim. Dengan niat dan semangat baru semoga saya bisa benar-benar memanfaatkan waktu kuliah yang tersisa. amiin

Nulis Lagi

Well, sempat menyerah karena ini blog gak bisa dibuka. 2 tahun mencari cara supaya bisa dibuka karena faktor gak nerima kode Authenticator lewat SMS, akhirnya bisa kebuka lagi. Alhamdulillah.

Sayang banget sama ini blog, karena Cuma ini yang serius. Pernah punya blog tapi gak ada yang serius, sayang juga karena hits blog udah lumayan dan sudah nongol pertama di search engine Google.

Hal pertama yang saya lakukan adalah menghapus semua post blog yang dulu pernah dibuat, aneh dan geli sendiri kalo saya lihat dan baca lagi. hehe, jadi saya putuskan buat mulai dari awal lagi ngebangun ini blog. Seperti biasa dengan materi yang ada di otak makhluk yang bodoh ini.

Last, semoga saya diberikan semangat supaya konsisten nulis, karena musibah punya blog adalah males nulis, pernah nulis tapi baru sampe opening udah males dan dijadikan draft lalu dihapus. Hehe, yang pasti saya yang sekarang bukan saya yang 2-3 tahun lalu.